Every day, God thinks of you. Every hour, God looks after you. Every minute, God cares for you. Because, every second He loves you.
RSS

Kamis, 07 November 2013

Jambore Nasional Sekami 2013 di Palasari, Bali

Anak dan Remaja Misioner utusan Keuskupan Ruteng mengikuti kegiatan Jambore Nasional di Palasari, Bali yang berlangsung dari tanggal 26-30 juni 2013, yang bertemakan ”SEKAMI REMAJA MENYONSONG MASA DEPAN DALAM TERANG IMAN” . Peserta utusan Keuskupan Ruteng berjumlah 33 anak dan remaja ditambah 10 pendamping. Utusan peserta berasal dari tiga kevikepan dikeuskupan Ruteng yaitu: 
Kevikepan Borong
Paroki Kisol 1 orang;
Paroki Borong 2 0rang dan ditambah 1 pendamping; dan
Paroki Mano 3 orang.
Kevikepan Labuan Bajo
Paroki Labuan Bajo 3 orang; dan
Paroki Datak 2 orang dan ditambah 1 pendamping.
Kevikepan Ruteng
Paroki Katedral 3 orang, ditambah 1 pendamping;
Paroki Cewonikit 2 orang;
Paroki Golodukal 2 orang; 
Paroki Redong 2 orang dan ditambah 3 orang pendamping; 
Paroki Kristus Raja 2 orang;
Paroki Kumba 2 orang dan ditambah 1 pendamping;
Paroki Poka 2 orang;
Paroki St. Kalus 2 orang; 
Paroki Poco 2 orang dan ditambah 1 pendamping; dan
Paroki Reo 2 orang dan ditambah Suster Diridios KKI keuskupan Ruteng.

Beberapa kegiatan yang ditampilkan oleh peserta utusan Keuskupan Ruteng, antara lain adalah pentas seni budaya (tarian adat Manggarai) dan animasi-animasi lainnya yang disesuaikan dengan tema dan agenda kegiatan Jambore Nasional. Dan pada puncak kegiatan Jambore Nasional tanggal 30 Juni 2013, panitia mempercayakan kegiatan liturgi kepada peserta utusan Keuskupan Ruteng. 



Sekilas Perjalanan dan Kegiatan
Perjalanan ini dibimbing oleh Dirdios KKI Keuskupan Ruteng yaitu Sr.Gabriella,CB. Peserta berangkat ke Labuan bajo pada hari Senin tanggal 24 Juni 2013, pukul 13.00 dan menginap di Seminari Labuan Bajo sampai tanggal 26 Juni 2013 pagi, yang dilanjutkan dengan agenda repitisi terakhir sebelum berangkat ke Denpasar, Bali. 26 juni 2013 pukul 09.30 peserta berangkat dari Labuan bajo ke Denpasar dengan menggunakan pesawat SKYAir dan sekitar pukul 11.40 tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar yang langsung diterima oleh panitia Jambore Nasonal, untuk kemudian diajak bermalam di wisma Keuskupan Denpasar. 

Tanggal 27 Juni 2013, pukul 06.00, rombongan peserta diantar ke lokasi kegiatan Jambore Nasional, yaitu di Palasari, sekitar 3-4 jam perjalanan darat dari kota Denpasar. Rombongan peserta disambut hangat oleh panitia Jamnas, khususnya pada saat check-in peserta. 

Kegiatan-kegiatan selama di Palasari, antara lain kegiatan selebrasi atau Upacara Perayaan Ulang Tahun SEKAMI ke-170, dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, yaitu Mgr Antonio Guido Filipazzi, dan sebagai Konsebran Utama didampingi Uskup Denpasar Mgr.Dr Silvester San, Pr; Uskup Sanggau Mgr.J.Mencuccini; dan Ketua Panitia Jamnas, berserta imam-imam utusan keuskupan yang hadir. 

Kegiatan Jamnas tersebut seharusnya dihadiri oleh 37 keuskupan se-Indonesia, tetapi hingga akhir pelaksanaan kegiatan hanya dihadiri oleh 36 keuskupan. Keuskupan yang tidak bisa hadir saat itu adalah Keuskupan We'etebula. Selama kegiatan berlangsung, mulai dari hari pertama sampai dengan hari penutupan, ada banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan seluruh peserta, seperti kegiatan lomba pentas seni budaya, kegiatan edukasi (dijalankan katekese iman dan semangat atau roh Konsili Vatikan II), kegiatan animasi misioner, dan lain sebaginya, dimana semua kegiatan tersebut saling berkaitan dan penuh makna. Artinya, proses katekese atau edukasi berlangsung dengan dipadukan aktivitas dinamika kelompok sebagai wujud animasi misioner. Dinimika tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap peserta. Tentu dalam proses kegiatan seperti ini, terjadi proses pengayaan dan peneguhan wawasan iman, pengembangan diri, sharing dan diskusi, serta permainan atau game, dan sebagainya. Semua rangkaian kegiatan tersebut menjadi semakin bernilai dengan adanya kegiatan live-in peserta di rumah-rumah keluarga di sekitar lokasi kegiatan. 

Penutupan Jamnas tanggal 30 Juni 2013 dilaksanakan dengan perayaan Ekaristi, yang dipimpin oleh Mgr. Dr. Silvester San, Pr. Seselesainya acara penutupan, semua peserta kembali ke daerah masing-masing. Kami, peserta utusan Keuskupan Ruteng kembali ke Denpasar untuk menginap di daerah Kuta, tepatnya di Wisma Betania, sebelum pulang ke Ruteng. 

Tanggal 1-2 Juli 2013, rombongan peserta utusan Keuskupan Ruteng berkesempatan untuk rekreasi di beberapa obyek wisata di Bali. Dan pada tanggal 3 Juli 2013, kami akhirnya bertolak dari Denpasar ke Laboan Bajo dengan menggunakan pesawat SKYAir, untuk kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Ruteng, sekitar pukul 14.00 dengan menggunakan 4 mobil travel Gunung Mas.

Kesan dari Peserta Utusan
Lany daro Sekami Golodukal (Peserta Sekami Keuskupan Ruteng)
"Menyenangkan, karena disana kami bisa berkumpul dengan teman-teman sekami dari keuskupan lain, juga bisa membantu sesama dengan yang lain, dan selama kegiatan berlangsung sangat menyenangkan karena banyak sekali materi-materi yang diberikan oleh panitia untuk kami peserta Jamnas sehingga bisa merubah dan membangkitkan semangat kami untuk siap dan rela mewartakan kerajaan Allah dan akan selalu menjadi sobat setia Yesus dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kami sebagai anak-anak yang dikasihi Tuhan Yesus untuk menyongsong masa depan dalam Terang Iman."

Reta dari Paroki Kumba (Pembina Sekami Kesukupan Ruteng)
"JAMNAS ini sungguh merupakan hal yang luar biasa menggembirakan, saya sungguh mendapat sukacita besar melalui berbagai aktivitasnya, baik dinamika kelompok dan aktivitas misioner lainnya. Disini saya juga mendapat pendalaman semangat 2D2K dan motto Anak Bantu Anak, juga ada tambahan pengetahuan baru. Kegiatan-kegiatan sharing pengalaman, aksi misioner, dan animasi misioner sungguh membuat hati saya tergerak untuk semakin cinta Tuhan Yesus dan cinta SEKAMI. walaupun diguyur hujan pada hari pertama, saya tetap dapat mengikuti dan menikmati kegiatan luar biasa ini. Niat saya mengikuti Jambore ini adalah berusaha membawa semangat ini dalam kegiatan misi yang lain. Untuk teman-teman baru, untuk panitia, untuk Tuhan Yesus saya mau katakan “Kalian luar biasa...”"

Demikian sekilas berita kegiatan Jambore Nasional di Palasari, Bali beberapa bulan lalu, semoga membawa manfaat dan kebaikan bagi kita semua. 

REPORTER: AGUSTINUS SABIN

0 komentar:

Poskan Komentar